Tips Aman Bersepeda Motor di Jalan Raya
Tidak bisa
dipungkiri semakin hari semakin banyak jumlah sepeda motor di jalan.
Kendaraan yang praktis dan relatif bisa menembus kemacetan ketimbang
mobil. Selap-selip setiap ada ruang gerak sering kali menimbulkan
kecelakaan lalu lintas. Tidak jarang terlihat tidak mau mengalah satu
sama lain sekalipun sesama pengguna sepeda motor.
Sebagai pengendara sepeda motor, yang perlu kita perhatikan di jalan, agar mengurangi kemungkinan terjadinya kecelakaan lalu lintas antara lain:
Sebagai pengendara sepeda motor, yang perlu kita perhatikan di jalan, agar mengurangi kemungkinan terjadinya kecelakaan lalu lintas antara lain:
1. Tetap berjalan di jalurnya:
Banyak ditemui gerakan sepeda motor yang seakan mengambil jalur lain
saat mendahului, seperti pada gambar di atas. Hal ini cukup berbahaya,
karena mobil di belakangnya juga bergerak maju. Bukan tidak mungkin
pengemudi mobil tidak melihat motor tersebut dan memacu kendaraannya
lebih cepat dari motor.
Akibatnya motor akan tertabrak (terdorong) mobil di belakangnya. Ini yang banyak tidak disadari oleh pengendara motor. Untuk pengendara mobil, gerakan motor seperti di atas sering mengejutkan.
Saran:
Sebaiknya jangan pernah mengandalkan pengendara lain bisa mengantisipasi gerakan kita. Belum tentu pengendara lain melihat, peduli atau mempunyai reaksi/refleks yang baik atas gerakan kita. Tetaplah mengendarakan motor di jalur yang baik, tidak memotong jalur kendaraan lain.
Akibatnya motor akan tertabrak (terdorong) mobil di belakangnya. Ini yang banyak tidak disadari oleh pengendara motor. Untuk pengendara mobil, gerakan motor seperti di atas sering mengejutkan.
Saran:
Sebaiknya jangan pernah mengandalkan pengendara lain bisa mengantisipasi gerakan kita. Belum tentu pengendara lain melihat, peduli atau mempunyai reaksi/refleks yang baik atas gerakan kita. Tetaplah mengendarakan motor di jalur yang baik, tidak memotong jalur kendaraan lain.
2. Sabar saat memotong jalur:
Saat berbelok memotong jalur, sering terjadi motor memotong jalur mobil yang juga sedang berbelok.
Akibatnya, motor tertabrak oleh mobil. Kegiatan memotong jalur tersebut sangat berbahaya khususnya jika kebetulan yang dipotong jalurnya tersebut adalah kendaraan yang tinggi (truk, tronton, bus, dsb), karena motor tidak terlihat oleh si pengemudi.
Sabar:
Sabarlah untuk memberi kesempatan pada kendaraan yang lebih besar menyelesaikan kegiatan beloknya. Sebaiknya jangan pernah mengandalkan pengemudi mobil/bus/truk melihat keberadaan kita.
Akibatnya, motor tertabrak oleh mobil. Kegiatan memotong jalur tersebut sangat berbahaya khususnya jika kebetulan yang dipotong jalurnya tersebut adalah kendaraan yang tinggi (truk, tronton, bus, dsb), karena motor tidak terlihat oleh si pengemudi.
Sabar:
Sabarlah untuk memberi kesempatan pada kendaraan yang lebih besar menyelesaikan kegiatan beloknya. Sebaiknya jangan pernah mengandalkan pengemudi mobil/bus/truk melihat keberadaan kita.
3. Tidak menyalip dari sisi dalam tikungan
Di tempat putar balik (U-Turn) maupun di belokan, sebaiknya motor tidak
menyusul dari sisi dalam, saat ada kendaraan lain (mobil/bus/truk)
sedang memutar balik.
Akibatnya, motor akan terjepit oleh trotoar atau pembatas jalan.
SARAN:
Untuk alasan keselamatan di jalan, sebaiknya:
sumber: www.detikoto.com
SARAN:
- Sebaiknya jangan mengandalkan pengendara lain melihat keberadaan kita saat berbelok, karena pengendara lain akan memperhatikan kendaraan lain dari arah lain.
- Menyusul dari sisi dalam tikungan / U-Turn, sangat berbahaya.
Untuk alasan keselamatan di jalan, sebaiknya:
- Jangan menganggap orang lain melihat keberadaan kita: Kita perlu ingat bahwa sudut pandang tiap kendaraan berbeda-beda, banyak sekali blind spot yang sering menimbulkan terjadinya kecelakaan.
- Jangan menganggap orang lain memiliki kemampuan mengemudi yang baik: Tidak semua pengendara mobil memiliki skill yang baik dalam mengemudi, banyak juga pengemudi baru yang belum banyak memiliki pengalaman di jalan. Kurangnya pengetahuan skill maupun etika mempengaruhi gaya mengemudi mereka.
- Jangan menganggap orang lain memiliki reaksi / refleks yang baik dari gerakan/aksi kita: Usia, jenis kelamin, tingkat emosi, kesehatan dan sebagainya sangat berpengaruh terhadap reaksi atas suatu kejadian di jalan, ini juga sering menimbulkan kecelakaan lalu lintas.
- Jangan menganggap orang lain mau mengalah untuk kita: Mulailah dari diri kita sendiri untuk mencoba mengalah, memberi jalan, memberi kesempatan bagi kendaraan lain.
- Jangan menganggap kendaraan lain dalam kondisi yang baik: Kondisi rem, Steer, Stang, dsb, seringkali menjadi faktor penyebab kecelakaan apabila bermasalah. Semoga bermanfaat.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar